Ini Cara Polres Cianjur Bantu Pelajar di Pelosok yang Tak Tersentuh Internet

0
48
Polres Cianjur
Polres Cianjur bantu atasi pelajar untuk belajar jarak jauh (foto: ayobandung.com)

terlanjurcianjur.com — Tidak sedikit pelajar di Kabupaten Cianjur hidupnya di pelosok jauh dari perkotaan dan sekolah, sehingga mereka sulit mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui daring saat pandemi Covid-19. Kendalanya adalah tidak tersedianya jaringan internet atau telepon.

Menyadari hal itu, Polres Cianjur bergerak cepat dengan cara meminjamkan pesawat handy talkie (HT) ke para pelajar agar bisa tetap berkomunikasi dengan gurunya untuk belajar jarak jauh. 

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Juang Andi Priyanto mengatakan, Polres Cianjur menyebar personel Bhabinkamtibmas di setiap desa yang notabene wilayahnya tak terjangkau jaringan internet ataupun sinyal telepom seluler. Mereka ditugaskan mendatangi sekolah maupun pelajar yang terkendala belajar jarak jauh.

“Ini merupakan bagian dari program Polisi Peduli Pendidikan. Ini untuk membantu anak-anak kita yang merupakan pelajar karena terkendala tidak adanya jaringan internet ataupun keterbatasan karena tidak memiliki peralatan pendukungnya,” kata Kapolres seusai apel kesiapan Bhabinkamtibmas dalam rangka Gebyar Polres Cianjur Peduli Pendidikan di halaman Mako Polres Cianjur, Selasa (28/7/2020).

BACA  IKA UPI Kabupaten Cianjur Gelar Musyawarah Komisariat Daerah

Setiap personel Bhabinkamtibmas dibekali dengan peralatan HT. Mereka harus menyisir setiap sekolah dan para pelajar yang kesulitan melaksanakan belajar jarak jauh.

“Mereka (Bhabinkamtibmas) harus mendata di daerah binaannya,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Kapolres, setiap Bhabinkamtibmas harus bisa mengumpulkan para pelajar di satu lokasi. Selanjutnya di tempat itu dilengkapi juga dengan peralatan untuk mendukung pola pembelajaran secara daring.

“Ini bisa jadi efektif karena menjangkau semua pelajar untuk mendengarkan arahan dari guru-gurunya,” jelasnya.

Di Kabupaten Cianjur sendiri relatif masih cukup banyak daerah yang tidak terjangkau jaringan internet maupun sinyal provider telepon seluler. Termasuk masih ditemukan masih ada pelajar dari keluarga tidak mampu yang tak memiliki alat teknologi untuk mendukung sistem belajar jarak jauh.

BACA  Heboh Komite SMPN 1 Warungkondang Pungut Rp 300 Ribu Per Siswa untuk Pembelian Laptop

“Seperti di Kecamatan Warungkondang, Cibeber, dan lainnya yang keberadaan sekolahnya di dekat perbukitan. Ini tentu jadi harus jadi perhatian kami juga,” katanya.

Dengan upaya yang dilakukan itu, Kapolres berharap agar pendidikan formal bagi anak-anak tetap bisa berjalan di tengah pandemi covid-19. Ke depan Polres Cianjur akan meminta bantuan personel TNI maupun unsur Forkopimda lainnya.

“Kita kerahkan semua elemen agar bisa membantu anak-anak kita supaya pembelajaran tidak terhenti karena terkendala hal-hal yang bisa kita atasi bersama-sama,” tandasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here